Bali Bersiap Hadapi Tekanan Virus Corona

Angka tersebut diambil dari jumlah kedatangan turis China ke Indonesia tahun lalu, yakni sebanyak dua juta orang. Kemudian dikali dengan prakiraan rata-rata turis China menghabiskan uang selama liburan di Indonesia sebesar 14 ribu dolar AS per orang.

Dampak Pariwisata Dunia
Kehadiran turis China sebenarnya dinanti tidak hanya oleh Indonesia. Banyak negara dunia lainnya sudah mengharapkan kehadiran turis China di sela perbaikan ekonomi China.

Larangan maskapai terbang dari dan ke China, termasuk larangan masuknya WNA China ke berbagai belahan dunia, membuat harapan menuai pundi-pundi devisa dari turis China pupus. Dampak corona ke sektor pariwisata dunia diprediksi akan signifikan.

Ekonom Oxford memprakirakan Amerika akan mengalami kehilangan 1,6 juta turis China daratan tahun ini. Angka tersebut adalah kehilangan yang besar bagi kota seperti New York, San Francisco dan Los Angeles yang sudah lama meraih untung dari turis China selama satu dekade terakhir.

Dikutip dari CNBC, bahkan dari penurunan 4,7 persen turis China ke Amerika di sembilan bulan pertama 2019 akibat ketegangan hubungan dagang kedua negara, China tetap pemasok turis nomor tiga teresar bagi Amerika.

China juga dikenal sebagai turis yang royal. Rata-rata mereka menghabiskan 6.500 dolar AS, lebih besar dibandingkan rata-rata turis asing di AS yang menghabiskan 4.000 dolar AS saat berkunjung.

Tanpa turis China yang royal ini, bukan cuma Amerika yang terdampak. Korea Selatan, Jepang, dan Thailand juga terimbas penurunan jasa wisata, penginapan, serta makanan dan minuman.

“Jumlah turis China bertumbuh masif dalam satu dekade dan sekarang menjadi angka turis terbanyak di banyak negara di Asia,” kata Alex Holmes, chief economist di Capital Economics.

Di dua tahun terakhir, sejumlah negara Asia bahkan telah berinvestasi membuat tur dan jasa wisata untuk mengakomodasi pelancong China. Di Thailand, jumlah turis China mencapai 10,5 juta di 2018. Kenaikan yang berlipat 13 kali dari 2008. Jumlah uang yang dikeluarkan turis di Thailand bahkan setara dengan 11 persen PD negaranya.