Baru! Kini Ada Wisata Qur’an di Bandung, Bisa Lihat Langsung Proses Pembuatan Mushaf

eramuslim.com – Kini Bandung punya destinasi wisata spiritual terbaru. Wisata yang diberi nama “Wisata Qur’an” merupakan inisiatif dari Syaamil Quran telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno

Peresmian Wisata Qur’an oleh Sandiaga itu berlangsung pada Kamis (4/4). Wisata Qur’an ini menarik perhatian karena pengunjung dapat menyaksikan seluruh proses pembuatan mushaf Al-Qur’an mulai dari awal hingga selesai.

Sandiaga menekankan bahwa Wisata Qur’an merupakan lebih dari sekadar atraksi wisata.

“Terus terang ini pertama kali saya meresmikan Wisata Quran dan ini betul-betul terobosan baru, inovasi, adaptasi, dan kolaborasi,” ucap Sandiaga dalam keterangan resmi yang diterima, Jumat (5/4).

“Dengan peresmian ini, kita membuka pintu bagi siapapun yang ingin mendalami kekayaan Al-Quran. Wisata ini bukan hanya untuk umat Islam, tetapi untuk seluruh umat manusia yang ingin memahami dan merasakan kehadiran Al-Quran dalam hidup mereka,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sandiaga menyatakan bahwa Wisata Qur’an tidak hanya berkontribusi pada sektor pariwisata tetapi juga pada ekonomi kreatif yang menonjolkan subsektor penerbitan dan desain.

“Ini saya melihat inovasi dan kreativitas desain Al-Quran ini lebih menarik, dan lebih meningkatkan pemahaman kita, serta nilai-nilai terkandung dalam Al-Quran ini bisa tersampaikan” ujarnya.

Sandiaga juga menghubungkan pembukaan Wisata Qur’an dengan bulan Ramadan, yang merupakan waktu penting karena di bulan ini Al-Qur’an pertama kali diwahyukan. Hal tersebut tentu menjadi keistimewaaan tersendiri bagi umat Islam yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Selama bulan Ramadan, umumnya diisi dengan aktivitas membaca dan mempelajari Al-Qur’an. Al-Qur’an tidak hanya merupakan kumpulan kata yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW lebih dari 1.400 tahun yang lalu, tetapi juga merupakan sumber ilmu, inspirasi, dan pedoman hidup yang tak lekang oleh waktu.

Di sisi lain, Pimpinan Syaamil Group, Riza Zacharias, menyampaikan rasa terima kasihnya atas kunjungan Sandiaga yang telah meluangkan waktu untuk melihat proses pembuatan Al-Qur’an.

“Kami sangat berbangga dan senang atas kehadiran Pak Menteri ke Syaamil Quran, semoga banyak manfaat yang bisa dirasakan dalam kunjungan ke Syaamil Quran,” pungkas Riza.

 

(Sumber: Cnnindonesia)

Beri Komentar