Bencana Virus Corona di Indonesia: Ketika Suara Orang Berilmu Tak Didengar

Senada dengan BMKG, peneliti dari French Institute of Health and Medical Research, Vittoria Colizza juga mengatakan bahwa penularan virus corona lebih banyak terjadi lewat kontak dekat antara penderita dengan orang lain. Dia menyarankan agar pemangku kebijakan melakukan imbauan yang telah direkomendasikan oleh para pakar.

“Belum ada bukti yang cukup tentang perubahan perilaku virus COVID-19 terhadap cuaca,” ujarnya, dikutip BBC. “Kalaupun kasus COVID-19 mulai berakhir di bulan depan, itu bukan hanya karena cuaca, tapi ada tindakan pencegahan yang berperan di dalamnya, seperti karantina wilayah atau lockdown, isolasi, dan pola hidup masyarakat dalam mencegah terjadinya penularan,” sambungnya.

Dengan demikian, penting bagi pemerintah Indonesia untuk mengambil tindakan nyata segera, alih-alih hanya bergantung pada faktor alam atau physical distancing yang lagi-lagi cuma imbauan, tanpa ada sanksi tegas. Sudah waktunya suara-suara ilmuwan dan para ahli ini didengar untuk selamatkan nyawa.[um]