Gejayan dan Sejarah Pergerakan Mahasiswa Yogya

Eramuslim.com – Tagar #GejayanMemanggil menjadi trending di Twitter sejak kemarin, Minggu (22/9).

Tagar #GejayanMemanggil merupakan bentuk seruan untuk aksi damai sebagai protes sejumlah isu seperti RUU KPK yang kini sudah disahkan, RKUHP, RUU Pertanahan, RUU Ketenagakerjaan serta lainnya dinilai merugikan rakyat dan melemahkan pemberantasan korupsi di Indonesia.

Hari ini, Senin (23/9), sejumlah mahasiswa dan elemen kampus akan melakukan aksi damai di sejumlah wilayah Yogyakarta memprotes isu tersebut.

Gejayan merupakan nama jalan di Yogyakarta yang memiliki sejarah kelam aksi mahasiswa di tahun 1998, dikenal dengan Peristiwa Gejayan atau Tragedi Yogyakarta.

Tanggal 8 Mei 1998, sejumlah mahasiswa menggelar aksi demonstrasi menuntut reformasi dan turunnya Presiden Soeharto. Pemicunya, perekonomian Indonesia yang semakin buruk dan ketidakadilan terhadap rakyat di bawah kepemimpinan Soeharto. Aksi yang semula damai berujung bentrokan dengan aparat.

Ratusan aparat mencoba membubarkan secara paksa unjuk rasa dengan melakukan penyerbuan dengan panser penyemprot air dan tembakan gas air mata terhadap mahasiswa di depan Hotel Radison yang terletak di pertigaan antara Jalan Gejayan dan Jalan Kolombo.