Heboh! Materi Ceramah Shalat Id Bahas Pemilu Curang Hingga Bawa-bawa Jokowi, Jamaah Langsung Bubar Jalan

Eramuslim.com – Sedang viral di media sosial sebuah video segerombol jamaah shalat Id bubar lantaran khotbah Idul Fitri membahas dugaan pemilu curang.

Selalu ada kisah menarik saat Idul Fitri, salah satunya momen jamaah bubar gara-gara khotbah yang berisi pemilu curang secara eksplisit oleh sang khatib.

Video jamaah shalat Id bubar karena khotbah pemilu curang tersebut diunggah oleh akun media sosial X @merapi_uncover.

Rupanya, jamaah shalat Id yang bubar karena khotbah pemilu curang itu terjadi di Lapangan Tamanan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Di video tersebut, terlihat ratusan jamaah shalat Id bubar dari barisan setelah mendengar khotbah yang berisi pemilu curang tersebut.

Baik jamaah laki-laki dan perempuan terpantau walk out atau bubar dari lokasi shalat Id. Sebagian besar dari mereka berkomentar tipis tentang khotbah yang sedang disampaikan.

“Shalat Ied di Lapangan Tamanan Bantul lagi rame, lur. Khotban politik di tinggal bubar jamaah,” tulis akun tersebut.

Di dalam unggahan viral itu, dibagikan dua video yang menunjukkan sejumlah jamaah meninggalkan lokasi shalat Id.

Sementara video lainnya adalah sebuah rekaman oleh jamaah di bagian depan yang merekam beberapa kalimat dari sang khatib tentang kecurangan pemilu.

Sangat eksplisit, sang khatib bahkan sampai menyebut nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di dalam khotbahnya.

Terlihat beberapa jamaah langsung berdiri begitu khatib tersebut mulai membahas tentang dugaan kecurangan pemilu dan menyalahkan pemerintah.

“Menjadi sangat lebih memalukan dan memuakkan karena kecurangan dalam pemilu yang dinilai banyak pihak yang terburuk dalam sejarah Indonesia,” ujar khatib tersebut samar-samar.

“Ironisnya problematika pelanggaran pemilu yang sering disebut terjadi secara terstruktur sistematis dan masif, terjadi justru terkait dengan perilaku Joko Widodo sebagai Presiden RI, sebagaimana yang tersebar luas di media sosial dan surat kabar,” lanjut khatib tersebut.

Menanggapi hal ini, sejumlah netizen pun merasa kecewa karena momen Idul Fitri justru digunakan untuk membahas politik.

“Khotbah shalat Id harusnya adem dan mendamaikan umat, ini malah tendensius banget bahas politik pakai narasi menjatuhkan pula,” tulis seorang netizen di X, @furioushanks.

“Nggak tahu tempat. Lagi hari kemenangan woy, bahas zakat fitrah atau apa ke yang berbau Idul Fitri, malah kecurangan pemilu. Wajar aja ditinggal jamaah,” kata netizen lainnya, @ugieeeeee

Sumber:Ā tvOne

Beri Komentar