Jokowi Bilang Penanganan Covid-19 di Indonesia Cukup Baik

Eramuslim.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai penanganan pandemi virus corona di Indonesia tidaklah buruk, bahkan cukup baik. Hal tersebut kata Jokowi setelah melihat fakta dan data.

“Berdasarkan fakta dan data dan bukan berdasarkan kira-kira, saya bisa mengatakan penanganan Covid-19 Indonesia tidak buruk, bahkan cukup baik,” ujar Jokowi dalam YouTube Sekretariat Presiden pada Sabtu (3/10/2020).

Menurut Jokowi, berdasarkan jumlah kasus dan jumlah kematian, Indonesia jauh lebih baik dibanding negara-negara lain yang jumlah penduduknya lebih besar.

Ia menyebut, berdasarkan data terakhir per 2 Oktober misalnya, Indonesia berada pada posisi 23 di tingkat kasus positif Covid-19 dari semua negara-negara di dunia dengan jumlah sebanyak 295.499 kasus.

Di atas Indonesia, terdapat sejumlah negara yang juga berpenduduk besar dengan jumlah kasus yang terpaut jauh. Misalnya, Amerika Serikat di peringkat pertama dengan 7.495.136 kasus, disusul India dengan 6.397.896 kasus, Brazil dengan 4.849.229, dan Rusia dengan 1.194.643 kasus.

“Sebaiknya kalau membandingkan ya seperti itu. Kalau Indonesia dibandingkan dengan negara-negara kecil yang penduduknya sedikit tentu perbandingan seperti itu tidak bisa menggambarkan keadaan,” ujar Jokowi.