Terungkap, Ini Motif Sekelompok Pemuda yang Pukul Jemaah Shalat di Masjid Makassar

jemaah salat

eramuslim.com – Para pelaku pemukulan jemaah salat di sebuah masjid di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berhasil ditangkap aparat Jatanras Polrestabes Makassar.

Pelaku pemukulan jemaah salat di masjid Makassar tersebut ditangkap aparat Kepolisian pada Selasa malam, 19 Maret 2024, sekira pukul 23:30 WITA.

Dikutip dari informasi unggahan Instagram @jatanras_mksr, jumlah pelaku yang diamankan yakni 4 orang. Sementara 3 orang lainnya, masih buron.

Keempat pelaku yang diamankan tersebut, yakni Wandi Kurniawan (22), AM (16), MZ (15), dan Almuqarram (19).

Sedangkan tiga pelaku lainnya yang masih dalam pengejaran polisi alias DPO, yakni Awian, Brocil, dan Suneo.

Berdasarkan hasil interogasi pihak kepolisian, pelaku Wandi mengakui dan membenarkan telah melakukan penganiayaan terhadap salah satu jemaah salat di masjid tersebut.

Wandi juga mengakui telah melakukan pengancaman dengan menggunakan pisau terhadap korban dengan cara menarik korban pada saat melaksanakan salat, kemudian memukul korban bagian bahu sebanyak satu kali.

Pelaku lainnya, yakni AM juga mengakui dan membenarkan telah melakukan penganyiayaan terhadap korban dengan cara memukul bagian kepala dan bahu korban, dan menendang paha korban.

Sementara, MZ di hadapan penyidik mengaku telah memberi pisau kepada pelaku Wandi untuk dipakai mengancam korban.

Adapun pelaku Almuqarram juga mengaku telah melakukan penganiayaan terhadap korban dengan cara memukul korban menggunakan kepalan tangan.

Dalam unggahan akun Jatanras Polrestabes Makassar tersebut, juga terlihat video pengakuan para pelaku terkait motif mereka melakukan perbuatan kriminalitas tersebut.

Salah seorang pelaku dalam video itu mengatakan, bahwa dirinya melakukan pemukulan terhadap korban lantaran korban bersama sejumlah rekannya yang lain telah berkata kasar kepada pelaku.

Tak terima dengan perkataan kasar tersebut, pelaku pun lantas mengejar korban, dimana saat itu korban lari ke dalam masjid.

“Caranya bicara na garattak ki (membentak). 4 orang itu yang satu lari ke masjid, jadi kumajui pak dalam masjid,” kata salah satu pelaku.

Pelaku pun mengatakan, bahwa korban sengaja masuk ke dalam masjid tersebut dan pura-pura melaksanakan salat.

“Dia pura-pura salat saja pak,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, beredar video yang memperlihatkan gerombolan pemuda di Kota Makassar, memasuki sebuah masjid dan memukul salah satu jemaah salat.

Tak hanya memukul, sejumlah pemuda itu juga mengancam jemaah yang tengah melaksanakan salat subuh berjemaah tersebut dengan senjata tajam (Sajam).

Aksi gerombolan pemuda itu pun terekam kamera CCTV yang terpasang di masjid tersebut.

Menurut keterangan dalam video itu, peristiwa pemukulan terhadap jemaah salat tersebut terjadi di Masjid Smansa 81 Makassar.

 

(Sumber: Terkini)

Beri Komentar