Beda Sikap dengan Nasdem yang Beri Selamat Kemenangan Prabowo-Gibran, Ini Respon Anies

eramuslim.com – Partai NasDem sudah memberikan selamat atas kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024. Padahal, capres yang didukungnya, Anies Baswedan masih melanjutkan langkah dengan mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi.

Lalu, apa sikap Anies melihat Ketum NasDem Surya Paloh yang langsung memberikan selamat kepada Prabowo-Gibran meski proses masih berjalan?

ā€œTerkait dengan sikap kita semua memahami bahwa sedang menjalani proses konstitusional. Partai politik memiliki hak konstitusional, dan parpol juga memiliki sikap yang harus dihormati,ā€ kata Anies didampingi Cak Imin di Markas Pemenangan Timnas AMIN, Jalan Diponegoro nomor 10, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).

Sebelumnya, ucapan selamat ini langsung diberikan oleh Ketum NasDem Surya Paloh dalam konferensi pers usai KPU membacakan ketetapan hasil pemilu.

“Partai NasDem juga mengucapkan selamat kepada pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024,” kata Surya Paloh di NasDem Tower, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/3) malam.

ā€œKita juga menghormati langkah yang diambil oleh semua partai-partai lain dan harapannya nanti kita akan melihat demokrasi kita lebih baik,ā€ lanjutnya.

Meskipun Anies memaklumi keputusan NasDem untuk memberikan ucapan selamat, Anies ingin partai pertama yang mengusungnya maju dalam kontestasi Pilpres 2024 itu masih konsisten di jalan perubahan.

ā€œJadi kami menghormati, menghargai dan Insyaallah kita terus sejalan di dalam mengusung gagasan Perubahan untuk demokrasi yang lebih baik,ā€ jelas dia.

Tadi malam, KPU menetapkan pasangan Prabowo-Gibran sebagai presiden dan wakil presiden terpilih usai memperoleh suara terbanyak, yaitu 96.214.691 suara sah.

Prabowo-Gibran unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia. Menjadikan pasangan ini keluar sebagi pemenang dalam 1 putaran pemilu.

Terkait keputusan ini, Timnas AMIN langsung melayangkan gugatan ke Mahkamah Konstitusi pagi ini, Kamis (21/3).

Berikut hasil resmi KPU RI:

Anies-Muhaimin Iskandar: 40.971.906 suara (24,94%)

Prabowo-Gibran: 96.214.691 suara (58,57%)

Ganjar-Mahfud: 27.040.878 suara (16,46%)

(Sumber: Kumparan)

Beri Komentar