free hit counters
 

Mal dan Tempat Pariwisata Akan Dibuka Kembali

Redaksi – Selasa, 2 Syawwal 1441 H / 26 Mei 2020 13:30 WIB

Eramuslim.com- Pemerintah mulai bersiap menerapkan New Normal setelah pelaksanaan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) berakhir. Sejumlah mal dan tempat pariwisata akan dibuka kembali.

“Tahap pertama akan kita atur mal. Misalnya, yang semula kapasitasnya 1.000 orang, mungkin kita akan izinkan untuk 500 orang saja. Dan, nanti kita awasi,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Mei 2020.

Pengurangan jumlah kapasitas pengunjung juga akan diberlakukan pada tempat makan. Pengurangan akan dilakukan hingga 50 persen.

“Kami bekerja sama dengan Polri, pemerintah daerah, termasuk koordinasi dengan gugus tugas,” ujarnya.



Hadi berharap cara itu membuat masyarakat bisa beraktivitas seperti bisa dengan tetap aman dari covid-19. Dia juga menargetkan rasio risiko penyebaran covid-19 bisa turun sampai 0,7 poin.

Presiden Joko Widodo melibatkan TNI dan Polri dalam memperketat pengawasan PSBB di empat provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatra Barat, dan Gorontalo. Aparat akan berada di titik-titik keramaian dalam rangka mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan.

“(Pengawasan) akan digelar di empat provinsi dan 25 kabupaten/kota,” kata Jokowi di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Selasa, 26 Mei 2020.

Jokowi menjelaskan objek yang akan diawasi meliputi transportasi umum, pasar rakyat, mal, dan tempat pariwisata. Dia berharap kedisiplinan masyarakat semakin kuat dan terjaga. (*end)

Berita Nasional Terbaru