Natalius Pigai Bongkar 9 Kegagalan Duet Jokowi-Maruf Selama 100 Hari Pertama

Eramuslim.com – Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin terus mendapat kritik setelah menjalankan 100 hari masa kerjanya. Bahkan yang teranyar, eks Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai, membongkar 9 kegagalan pemerintah dalam kurun waktu tersebut.

Dalam siaran pers yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (31/1), Natalius menyoroti semua hal yang dijalankan pemerintah.

Misal dalam catatan pertamanya, aktivis kelahiran Paniai, Papua ini mengungkap kebobrokan ekonomi Indonesia. Dia menyebutkan kalau penduduk miskin masih mencapai 25,14 juta jiwa, dan 22 juta diantaranya masih masuk kategori kelaparan.

Kemudian, pengangguran juga disebutkan Pigai naik secara jumlah. Dimana pada akhir tahun 2019 Badan Puaat Statistik (BPS) mencatat pengangguran sebanyak 7,05 juta orang. Hal ini kemudian bersinggungan dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang turun ke peringkat 116 dari 108 secara global.

Lantas, Pigai menyebutkan sebab musabab dari ketimpangan ekonomi yang dia paparkan di atas.

“Pemerintah menghabiskan uang rakyat (APBN) selama 5 tahun sebesar Rp11 ribu triliun. Lima tahun orang kaya baru sebanyak 17.000/pundi-pundi atau 10 persen/ tahun,” tutur Pigai.