Pasar Tenabang Berjubel: Yang Ngajak Belanja Sri Mulyani, Yang Diserang Anies

Eramuslim.com – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengajak masyarakat agar berbelanja baju baru dan bingkisan Lebaran untuk menggerakkan ekonomi. Hal itu untuk mendorong konsumsi rumah tangga, sehingga mampu mendongkrak ekonomi pada kuartal kedua 2021.

“Ada bagusnya saat Lebaran beli baju baru supaya walaupun bertemu lewat Zoom, pakai baju baru sehingga muncul aktivitas konsumsi,” ujar Sri kala konferensi pers ‘APBN Kita’ secara virtual seperti dikutip di Jakarta, Sabtu (24/4).

Pemerintah mengeluarkan Surat Edaran Nomor 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik. Langkah pemerintah untuk memperpanjang pembatasan pergerakan masyarakat menjelang Lebaran. Beleid tersebut berisi pelarangan mobilitas masyarakat menjadi 22 April sampai 24 Mei dari yang sebelumnya 6 Mei sampai 17 Mei.

Meski begitu, Sri berharap, belanja untuk menyambut hari raya diharapkan tetap ada. Sri bahkan meminta seluruh warga Indonesia tetap menyambut Lebaran dengan gembira, walaupun tidak bisa mudik. Dengan begitu, lonjakan penyebaran virus bisa diminimalisasi.

Sri menyebut, pemerintah akan menggunakan berbagai instrumen secara kreatif untuk mendongkrak ekonomi. Salah satu yang dilakukan adalah memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir) pada Hari Belanja Nasional (Harbolnas) mulai pada H-10 sampai H-6 Lebaran.