Sekjen PSI Dukung Imam Besar Istiqlal Yang Bilang Poligami Sumber Kezaliman

Eramuslim.com – Imam Besar Masjid Istiqlal Prof Nasaruddin Umar menyarankan agar umat tidak melakukan poligami. Sebab, menurut dia, selama ini perempuan menjadi objek ketidakadilan.

Prof Nasaruddin mencermati masalah praktik poligami sering jadi sumber ketidakadilan yang dialami oleh perempuan dan anak-anak. Ia menambahkan berdasarkan hasil kajian-kajian sebelumnya menunjukan praktik poligami kerap menjadi alasan kasus perceraian, kekerasan terhadap perempuan, dan penelantaran anak.

Dia menuturkan, Islam hadir untuk meredam pernikahan tanpa batas, sehingga Islam membatasi tiga atau empat istri dengan syarat syaratnya harus adil. “Tapi ayat lain mengunci, dikatakan bahwa laki-laki tidak akan bisa adil secara kualitatif atau menyangkut perasaan. Jadi logikanya apa? Ya, jangan poligami,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (18/12).

Hal ini disampaikan Prof Nasaruddin saat berceramah dalam acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Partai Solidaritas Indonesia (PSI) di Jakarta, Senin (17/12). Peringatan Maulid Nabi ini mengangkat tema “Misi Kenabian dalam Memuliakan Perempuan.”