Soal Sawit, Jokowi Harusnya Mampu Melihat Banyak Solusi Yang Benar

Eramuslim.com -Produk turunan dari kepala sawit sangat banyak. Seharusnya hal tersebut bisa menjadi solusi bagi pemerintah untuk menyiasati turunnya harga sawit di pasaran.

Hal itu sebagaimana diungkapkan oleh Anggota Komisi IV DPR KRT Darori Wonodipuro kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (17/12).

“Turunan-turunan sawit ini kan banyak harusnya itu bisa jadi solusi cerdas dari Presiden bukan malah nyuruh tanam jengkol dan petai,” kata Darori.

Sebelumnya Presiden Jokowi menyatakan keluhannya karena harga sawit menurun. Dia pun melontarkan agar mengerem menanam sawit dan beralih pada komoditi lain seperti jengkol dan petai.

Darori menyatakan turunan sawit mulai dari yang umum yaitu untuk minyak goreng, sabun dan mentega hingga yang khusus seperti biodiesel sampai kebutuhan energi lainnya.

“Loh kan banyak insinyur yang cerdas-cerdas. Ini kan bisa dimintakan solusi terkait turunnya harga sawit lewat olahan sawit itu tadi,” tegasnya.

Maka dari itu politisi Gerindra ini mendorong agar penelitian dan pengembangan harus digalakkan. Hal itu dimaksudkan supaya para insinyur dan profesor mengembangkan olahan sawit tadi untuk mengatasi turunnya harga.

“SDM kita kan banyak. Kasih kesempatan peneliti kan jangan dibatasi. Biayanya ditambah kalau perlu,” tandas Darori.(kl/rmol)