Survei Pilpres 2024: Anies Paling Populer dan Banyak Diserang BuzzeRp

Eramuslim.com – Hasil analisis media sosial dan online yang dilakukan Drone Emprit bersama Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menempatkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di posisi teratas dalam hal popularitas di media sosial.

Popularitas Anies mengalahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Analisis dilakukan pada 9 Mei sampai 8 Juni 2020.

Direktur Center for Media and Democracy LP3ES Wijayanto mengatakan Anies juga merupakan figur yang paling mendapatkan banyak serangan dalam berbagai macam bentuk tagar di media sosial dibandingkan Ganjar atau Emil.

“Dari perspektif big data analisis, Anies paling populer dibandingkan Ganjar dan Emil, tapi di media digital dia paling banyak dapat serangan juga. Populer tapi yang ngetwit dengan tagar Anies paling banyak,” kata Wijayanto, Rabu (17/6).

Berdasarkan data analisis Drone Emprit dan LP3ES, popularitas Anies berada di angka 64 persen, disusul Ganjar dengan 19 persen, dan Emil di 17 persen.