Tokoh-tokoh yang Disebut Habib Rizieq di Pleidoi ‘Balas Dendam Politik’

Eramuslim.com – Habib Rizieq Shihab (HRS) membawa-bawa sejumlah nama di pleidoinya dalam perkara dugaan penyebaran hoax terhadap hasil tes swab di RS Ummi Bogor.

Nama-nama yang disebut mulai dari Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan hingga Ahok.

Tokoh-tokoh yang Disebut Habib Rizieq di Pleidoi 'Balas Dendam Politik'

Sejumlah nama yang disebut itu ada yang mendapat tudingan dari Rizieq. Ada juga yang perkara atau pernyataannya dibandingkan oleh Rizieq.

Berikut nama-nama tersebut:

1. Mantan Menko Polhukam Wiranto

Rizieq menyebut nama Wiranto saat menceritakan perihal dialog dan rekonsiliasi dengan pemerintah. Dia mengungkapkan, pada akhir Mei 2017, Wiranto yang saat itu menjabat sebagai Menko Polhukam meneleponnya yang berada di Arab Saudi.

Wiranto, kata Rizieq, mengajaknya untuk membangun kesepakatan agar tetap membuka pintu dialog dan rekonsiliasi. Rizieq pun mengaku saat itu menyambut baik ajakan Wiranto. Sebab, dia juga berharap yang sama sejak semula.

2. Kepala BIN Budi Gunawan

Nama Budi Gunawan atau BG juga disebut dalam bab soal dialog dan rekonsiliasi.

Rizieq mengungkapkan, dia pernah bertemu dan berdialog langsung dengan BG di salah satu Hotel Berbintang Lima di Kota Jeddah, Arab Saudi. Pertemuan itu pun menghasilkan kesepakatan tertulis.

Kesepakatan tertulis itu ditanda-tangani oleh Rizieq dan Komandan Operasional BIN Mayjen TNI (Pur) Agus Soeharto di hadapan Budi Gunawan.

Surat itu, kata Rizieq, kemudian dibawa ke Jakarta dan dipersaksikan serta ditandatangani juga oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang saat itu menjabat Ketua Umum MUI Pusat.

“Di antara isi kesepakatan tersebut adalah ‘Stop semua kasus hukum saya dkk’ sehingga tidak ada lagi fitnah kriminalisasi, dan sepakat mengedepankan dialog dari pada pengerahan massa, serta siap mendukung semua kebijakan Pemerintahan Jokowi selama tidak bertentangan dengan ajaran Agama Islam dan Konstitusi Negara Indonesia,” kata Rizieq dalam pleidoinya, Kamis (10/6/2021).

3. Wakil Presiden Ma’ruf Amin

Masih di poin dialog dan rekonsiliasi, Rizieq juga menyebut nama Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Rizieq mengatakan, Ma’ruf Amin yang saat itu menjabat sebagai Ketua Umum MUI menandatangani surat kesepakatan tertulis yang dihasilkan dari pertemuannya dengan Budi Gunawan.

“Hasil pertemuan tersebut sangat bagus, kita buat kesepakatan tertulis hitam di atas putih yang ditanda-tangani oleh saya dan Komandan Operasional BIN Mayjen TNI (Pur) Agus Soeharto di hadapan Kepala BIN dan Timnya, yang kemudian Surat tersebut dibawa ke Jakarta dan dipersaksikan serta ditanda-tangani juga oleh Ketua Umum MUI Pusat KH Ma’ruf Amin yang kini menjadi Wakil Presiden RI,” tutur Rizieq.