Bloomberg Opinion: Pandemi Ini Akan Picu Revolusi Sosial

Coronavirus dengan demikian telah menempatkan kaca pembesar pada ketidaksetaraan antar negara dan di dalam negara. Di A.S., ada gerakan oleh beberapa orang yang sangat kaya untuk “mengisolasi diri” di perkebunan Hamptons atau kapal pesiar mewahnya – seorang mogul Hollywood dengan cepat menghapus gambar Instagram dari perahunya yang bernilai $ 590 juta setelah protes publik. Bahkan orang yang memiliki hak tinggi pun dapat merasa cukup aman bekerja dari rumah melalui Zoom dan Slack.

Tetapi banyak orang Amerika lainnya yang tidak memiliki opsi itu. Memang, semakin sedikit uang yang Anda hasilkan, semakin kecil kemungkinan Anda untuk dapat bekerja dari jarak jauh. Karena tidak memiliki tabungan dan asuransi kesehatan, para pekerja ini dalam pekerjaan tidak tetap harus menjaga pekerjaan mereka atau pekerjaan kerah biru, jika mereka masih cukup beruntung untuk memilikinya, hanya untuk memenuhi kebutuhan hidup. Ketika mereka melakukannya, mereka berisiko terinfeksi dan membawa virus pulang ke keluarga mereka, yang, seperti orang miskin di mana-mana, sudah lebih cenderung sakit dan kurang mampu menavigasi labirin perawatan kesehatan yang kompleks. Dan coronavirus mengalir dengan sangat cepat melalui lingkungan yang sempit, penuh tekanan dan suram. Di atas segalanya, itu secara tidak proporsional membunuh orang kulit hitam.

Hanya Orang Kaya bisa Kerja dari Rumah

Semakin sedikit penghasilanmu semakin kecil bisa menjadikan Isolasi Mandiri sebagai pilihan

Bahkan di negara-negara tanpa sejarah panjang pemisahan rasial, virus lebih suka beberapa kode pos daripada yang lain. Itu karena semuanya berkonspirasi untuk membuat setiap lingkungan sosiologis dan epidemiologis sendiri – dari pendapatan rata-rata dan pendidikan untuk ukuran apartemen dan kepadatan penduduk, dari asupan gizi hingga pola kekerasan rumah tangga. Di zona euro, misalnya, rumah tangga berpenghasilan tinggi rata-rata hampir dua kali lipat luas ruang tinggalnya dibanding seperti yang ada di bawah: 72 meter persegi berbanding 38.

Perbedaan antar negara bahkan lebih besar. Bagi mereka yang tinggal di kota kumuh di India atau Afrika Selatan, tidak ada yang namanya “jarak sosial,” karena seluruh keluarga tidur di satu kamar. Tidak ada diskusi tentang apakah akan memakai masker karena memang tidak ada maskernya. Lebih banyak mencuci tangan adalah saran yang baik, kecuali tidak ada air yang mengalir.