Bloomberg Opinion: Pandemi Ini Akan Picu Revolusi Sosial

Begitulah, di mana pun SARS-CoV-2 muncul. Organisasi Buruh Internasional telah memperingatkan bahwa itu akan menghancurkan 195 juta pekerjaan di seluruh dunia, dan secara drastis memotong pendapatan 1,25 miliar orang lainnya. Kebanyakan dari mereka sudah miskin. Ketika penderitaan mereka memburuk, demikian juga bencana lain, dari alkoholisme dan kecanduan narkoba hingga kekerasan dalam rumah tangga dan pelecehan anak, membuat seluruh populasi mengalami trauma, mungkin secara permanen.

Dalam konteks ini, akan naif untuk berpikir bahwa, setelah darurat medis ini selesai, baik masing-masing negara atau dunia dapat melanjutkan seperti sebelumnya. Kemarahan dan kepahitan akan menemukan outlet baru. Pertanda awal termasuk jutaan warga Brazil membanting panci dan wajan dari jendela mereka untuk memprotes pemerintah mereka, atau tahanan Lebanon yang melakukan kerusuhan di penjara mereka yang penuh sesak.

Pada saatnya, nafsu-nafsu ini bisa menjadi gerakan populis atau radikal baru, berniat menyapu apa pun rezim kuno yang mereka definisikan sebagai musuh. Karena itu pandemi besar tahun 2020 merupakan ultimatum bagi kita yang menolak populisme. Ini menuntut agar kita berpikir lebih keras dan lebih berani, tetapi masih secara pragmatis, tentang masalah mendasar yang kita hadapi, termasuk ketidaksetaraan. Ini adalah panggilan untuk semua yang berharap tidak hanya untuk bertahan hidup dari virus korona, tetapi untuk bertahan hidup di dunia yang layak untuk ditinggali. (*end)

Penulis: Andreas Kluth

https://www.bloomberg.com/opinion/articles/2020-04-11/coronavirus-this-pandemic-will-lead-to-social-revolutions