Pentagon Kirim 26.000 Tentara ke Irak, Suriah, dan Afghanistan

Eramuslim – Pejabat Demokrat dan Republik mendesak Departemen Pertahanan (DOD) untuk mengungkapkan jumlah sebenarnya dari total tentara AS yang ditempatkan di luar negeri.

Dikutip dari situs Aawsat, Rabu (29/11), DOD yang bermarkas di Pentagon mengeluarkan sebuah laporan bahwa AS memiliki total 26.000 tentara yang tersebar di Iraq, Suriah dan Afghanistan. Jauh lebih tinggi daripada jumlah yang sebelumnya diakui.

Laporan itu menyebutkan terdapat 8.892 tentara AS di Iraq, 15.298 di Afghanistan dan 1.720 di Suriah. Jumlah itu berdasarkan informasi dari Pusat Data Tenaga Pertahanan yang dipublikasikan pekan lalu di bulan November.

Laporan ini tidak menyertakan jumlah pasukan yang terlibat dalam operasi khusus atau personil sementara yang bekerja ke dalam atau di luar negeri dalam angka resmi. Jadi, ahli militer dan analis percaya bahwa jumlah sebenarnya bisa lebih tinggi lagi.

Anggota Kongres mempertanyakan jumlah sebenarnya pasukan AS di luar negeri terutama setelah empat tentara AS tewas di Niger bulan lalu.

Pentagon mengakui bahwa ada tujuh tentara yang ditempatkan di sana, ketika ditanya tentang jumlah tentara yang bertugas di zona perang tertentu.

Soal pertanyaan anggota Kongres, tanggapan resmi Pentagon ternyata mengacu pada jumlah yang ditetapkan oleh mantan Presiden Barack Obama, bukan berdasarkan laporan penghitungan terbaru.