Saingi Rusia, AS Kirim 12 Jet Tempur Tambahan ke Turki

A-10 Thunderbolt_II_In-flightEramuslim – Sebanyak 12 pesawat serang tipe A-10 Thunderbolt II milik Angkatan bersenjata Amerika Serikat dilaporkan telah tiba di Pangkalan Udara Incirlik pada hari Senin (19/10) kemarin, dalam rangka mendukung kampanye udara melawan Negara Islam.

Seperti dilansir Sky News Arab dari seorang pejabat Pentagon yang tidak mau diungkapkan identitasnya mengatakan, “Pesawat taktis ini akan dikhususkan untuk misi menghancurkan kendaraan ringan milik organisasi Negara Islam di Irak dan Suriah.”

Menurut pejabat tersebut, A-10 Thunderbolt II merupakan pesawat taktis yang dirancang khusus untuk serangan udara jarak dekat dan dapat terbang dengan ketinggian dan kecepatan yang lebih rendah jika dibandingkan dengan pesawat F-16.

Sementara itu sejumlah pengamat militer Timur Tengah menyatakan bahwa kehadiran 12 pesawat AS di Turki merupakan jawaban dari tantangan militer Rusia yang selama 20 hari ini selalu mengusir pesawat udara koalisi internasional di Suriah. (Skynewsarabia/Ram)