(Video) Penyanyi Nigeria ‘Davido’ Mendapat Kecaman setelah Video Promonya Menyinggung Islam

Eramuslim.com – Penyanyi berkebangsaan Amerika-Nigeria, David Adedeji Adeleke Oon menerima kecaman secara online setelah merilis video promosi yang dianggap menghina umat Islam.

Video klip berdurasi 45 detik yang viral itu telah menyebabkan kontroversi online dan kalangan Muslim menganggap penyanyi dengan nama panggung Davido, berlaku tidak sopan dan telah menghina Islam dan umat Islam.

@emkingstv

Davido and Islam the trending video #emkingstv

♬ original sound – Emkingstv

Menurut laporan Maroko World News, video promosi tersebut memperlihatkan sekelompok pria yang mengenakan pakaian adat (jubah) saat sholat di area mirip masjid. Beberapa saat kemudian, kelompok pria yang sama terlihat menari dan bernyanyi.

Video tersebut telah memicu kemarahan dan melahirkan berbagai opini di antara penggemar dan artis. Sebagaian besar menentang penggunaan agama dan citra religius dalam video musik tersebut.

Beberapa penggemar juga mendesak Davido untuk menurunkan video musik di halaman media sosialnya dan meminta maaf kepada umat Islam. Demikian pula Ahmed Bashir mantan ajudan Presiden Muhammad Buhari, termasuk di antara mereka yang marah dengan lagu Davido dan menggambarkannya sebagai “memilukan” dan “tidak sopan”.

“Ada banyak alasan mengapa setiap Muslim menganggap konten ini benar-benar tidak sopan, menyakitkan, dan menyinggung @davido. Saya kira Anda semua tahu bahwa kami umat Islam tidak mencampurkan agama kami dengan humor dengan cara apa pun, terutama doa suci dan rukun kedua dari lima atau agama Islam,” katanya.

Banyak Muslim ikut bergabung dengan pendapat Buhari, mengutuk keputusan Davido untuk menggunakan cara doa Muslim dalam video musiknya. Seorang pengguna Twitter menegaskan bahwa umat Islam “tidak akan mentolerir sikap tidak hormat seperti itu”.

Namun, penyanyi ‘OBO’, yang tampaknya tidak peduli dengan kemarahan online, membuka halaman Twitter-nya untuk lebih mempromosikan video tersebut. Dalam serangkaian tweet, Davido mengacu pada album terbarunya, mengatakan dia tidak tersedia dan dia tidak ingin bertengkar dengan siapa pun.

(Hidayatullah)

Beri Komentar