Vietnam: Dulu Nihil Corona, Kini Angka Kematian Berlipat Ganda

Eramuslim.com -Vietnam dulu disanjung karena bisa membuat angka kematian akibat Corona nihil hingga bulan Mei 2020. Namun, kini kematian akibat Corona di negara itu berlipat ganda.

Vietnam mulanya mampu mengendalikan virus Corona melalui langkah pelacakan kontak yang agresif, pemeriksaan terarah dan karantina ketat. Bahkan, pada bulan Mei angka kematian masih tercatat nihil.

Namun kini otoritas Vietnam berjuang keras mengendalikan penyebaran terbaru yang berpusat di Da Nang, kota wisata yang ramai dikunjungi turis domestik.

Perdana Menteri (PM) Vietnam, Nguyen Xuan Phuc, memperingatkan bahwa risiko penyebaran Corona secara luas di Vietnam ‘sangat tinggi’.

“Risiko penularan komunitas sangat tinggi, membutuhkan lebih banyak tekad, solidaritas dan tanggung jawab dari sistem politik untuk mengambil langkah-langkah lebih tegas selama dua pekan ke depan,” ucap PM Nguyen.

Kini, pembatasan luas diberlakukan di kota Da Nang dan sebuah stadion setempat dialihfungsikan menjadi rumah sakit darurat dengan kapasitas 1.000 kasus, yang akan digunakan jika rumah-rumah sakit mengalami kewalahan.