Wartawan Ini Ungkap Dalang Sabotase Berbagai Pembunuhan di Dunia

Eramuslim – Jurnalis investigasi Yahudi, Ronen Bergman menyebut Dinas Rahasia Israel “Mossad” bertanggung jawab atas berbagai pembunuhan yang terjadi di dunia, termasuk 800 lebih operasi intelejen diberbagai negara.

“Mossad telah membunuh lebih banyak orang daripada agen dari negara lain sejak Perang Dunia II,” tulis Ronen dalam sebuah buku yang dirilis pada awal tahun ini.

Ronen mengungkap bahwa informasi di dalam buku karanganya berasal dari 1.000 wawancara dan mempelajari sejumlah dokumen yang bocor untuk menjelaskan tanggung jawab Israel atas pembunuhan manusia di berbagai negara.

Menurut Bergman, hingga tahun 2000, Israel melakukan lebih dari 500 operasi pembunuhan yang mengakibatkan lebih dari 1.000 orang termasuk para pengamat meninggal. Sementara selama Intifada Kedua, Israel melakukan 1.000 operasi lagi, di mana 168 berhasil.

Sejak itu, sekitar 800 operasi telah dilakukan terhadap target sipil dan militer Hamas di Jalur Gaza dan luar negeri, tambahnya.

Bergman yang diwawancarai mengatakan kepadanya bahwa pada tahun 1982, Menteri Pertahanan Israel, Ariel Sharon, berencana untuk menembak jatuh pesawat sipil yang diduga ditumpangi pemimpin Palestina Yasser Arafat, meskipun mendapat penolakan dari pihak militer. (memo/ram)