WikiLeaks: Swedia Jadikan Afghanistan ‘Reklame’ Jet Tempur Mereka

Eramuslim.com – Sebuah pengungkapan sensasional WikiLeaks telah mengungkapkan bahwa Angkatan Bersenjata Swedia ingin menjadikan Afghanistan sebagai “papan iklan” jet tempur Saab Gripen buatan mereka. Afghanistan dinilai cocok untuk menunjukan kemampuan jet tempur itu kepada seluruh dunia.

WikiLeaks, seperti dilansir Sputnik pada Senin (30/8/2021), melaporkan dengan mengutip informasi yang bocor, pada tahun 2008, Angkatan Bersenjata Swedia ingin Stockholm mengirim jet tempur Jas Gripen ke Afghanistan, sebagai bagian dari tugas pemasaran untuk jet tempurnya.

Dalam telegram rahasia, Kuasa Usaha Amerika Serikat (AS) di Swedia saat itu, Robert Silverman menulis kepada pasukan NATO di Afghanistan. Di mana, dia meminta NATO untuk menekan Swedia, yang ia sebut “mitra NATO terkemuka”, untuk berkontribusi lebih banyak pada upaya yang dipimpin AS dengan tambahan tenaga dan sumber daya.

Saat itu, partisipasi Swedia dalam misi tersebut berjumlah 365 tentara di kota Mazar-i-Sharif. Silverman berpendapat bahwa Swedia memiliki kesempatan dan kemauan untuk meningkatkan partisipasinya.

Dia bahkan menyebutkan helikopter medis, tim Operational Mentor and Liaison (OMLT),dan yang terpenting, Saab JAS 39 Gripens, jet tempur ringan multiperan bermesin tunggal yang diproduksi oleh perusahaan kedirgantaraan Swedia, Saab AB