free hit counters
 

Xi Jinping Perintahkan Militer Cina Siap Tempur, Siaga Perang Dunia III?

Redaksi – Kamis, 4 Syawwal 1441 H / 28 Mei 2020 12:45 WIB

Eramuslim.com – Di tengah memanasnya hubungan China dengan sejumlah negara, Presiden Xi Jinping muncul ke publik dan berbicara di depan pertemuan pleno delegasi Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) dan Kepolisian Rakyat.

Dalam rapat yang dilakukan Selasa (26/5/2020) itu, ia meminta militer memperkuat pelatihan dan pertahanan nasional di tengah pandemi corona (COVID-19). Apalagi dalam situasi yang kompleks seperti sekarang.

Dikutip dari Global Times dan South China Morning Post, ia bahkan memerintahkan militer mengeksploitasi cara-cara pelatihan dan persiapan perang. “Penting juga untuk meningkatkan persiapan pertempuran bersenjata dan kemampuan militer untuk melakukan misi,” ujarnya.

Pernyataan Xi ini cukup menarik perhatian. Selain karena dirinya memang Komisi Militer Pusat China, langkah ini dilakukan saat hubungan China dan sejumlah negara, terutama AS, sedang panas.

China pun menaikkan anggaran militer hingga 6,6%. Anggaran akan ditetapkan sebesar 1.268 triliun (US$ 178 miliar atau sekitar Rp 2632 triliun) atau terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat (AS), yakni US$ 738 miliar.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Terbaru