free hit counters
 

Awas, Ini Amalan yang Mematikan Hati

Eramuslim.com – Hati adalah raja yang ada dalam tubuh. Bagusnya hati adalah jaminan bagi mulianya akhlak seseorang. Buruknya hati, selain menjadi sebab buruknya perangai, ia juga yang kelak menjerumuskan pelakunya ke dalam neraka jahannam. Sebab, hanya orang-orang dengan hati selamatlah yang bisa menghadap Allah Ta’ala sebagai hamba yang diterima amalnya.

Menjaga hati jauh lebih sukar dibanding menjaga anggota fisik. Jika debu atau benda kecil yang hendak masuk ke dalam kelopak mata bisa dilihat sehingga mampu menghindar; ketika ada bahaya mengancam kepala, tangan, kaki, atau anggota badan lainnya kita bisa menghindar atau melawan sebab mengetahui dan bisa melihatnya, tapi tidak demikian dengan gangguan yang mengarah ke dalam hati kita.

Ia masuk melalui bisikan, sangkaan, ataupun perbuatan halus lain yang tidak bisa diindra. Bahkan, sering kali orang-orang merasa melakukan sesuatu yang disukainya, namun ia tak sadar bahwa hal itu merusak kualitas dan kesehatan hatinya. Alhasil, lambat laun, ia menggemari sesuatu yang merusak, tanpa disadari.

Misalnya, seseorang yang menyukai hiburan duniawi secara berlebihan. Hobi menonton konser dangdut, tak pernah ketinggalan menyaksikan konser musik tertentu, hingga tidak absen dengan acara televisi perusak moral, baik acara musik maupun tontonan tak bermutu lainnya, hingga acara pengundang tawa dengan sesuatu yang konyol.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Hikmah Terbaru