5 Bahaya Minum Teh Saat Perut Kosong

  1. Merusak enamel gigi

Jangan mengkonsumsi teh sebelum makan bila tak ingin gigi kamu menjadi rapuh dan mudah keropos. Dilansir Boldsky, mengkonsumsi teh tanpa makan terlebih dahulu akan meningkatkan asam di mulut yang disebabkan oleh bakteri yang bersarang di dalam mulut.

Bakteri tersebut nantinya  akan merusak gula yang ada di dalam teh. Hal ini tentu menyebabkan erosi pada enamel atau lapisan pelindung gigi.

  1. Dehidrasi

Saat bangun tidur, tubuh kehilangan sebagian besar cairan setelah beristirahat selama 6 sampai 8 jam. Dan, mengkonsumsi teh sesaat setelah bangun tidur akan meningkatkan risiko dehidrasi yang lebih besar.

Hal ini karena teh bersifat diuretik yang menyebabkan badan lebih cepat memproduksi urin. Jika ingin meminum segelas teh di pagi hari, maka sebaiknya didahului dengan meminum air putih serta sarapan dengan makanan penuh nutrisi terlebih dahulu.

  1. Kembung dan mual

Mengkonsumsi teh ketika perut belum terisi makanan apa pun juga akan berpengaruh kurang baik terhadap aktivitas cairan empedu di dalam lambung. Hal ini akan menyebabkan rasa mual serta kembung yang tentunya mengganggu kegiatan sehari-hari.

Penambahan susu atau krimer ke dalam teh juga akan meningkatkan risiko perut terasa kembung di pagi hari. Kandungan laktosa pada susu akan membentuk gas yang akan mengendap di dalam perut dan usus.