Menlu Saudi Bantah Putra Mahkota MBS Bertemu Netanyahu

Secara terpisah, situs web pelacakan penerbangan, yang secara universal dikutip di Twitter, menunjukkan sebuah jet pribadi—yang sebelumnya telah digunakan oleh Netanyahu— lepas landas dari Tel Aviv ke kota Neom di Laut Merah Saudi, tempat Pangeran Mohammad dan Pompeo bertemu pada Minggu malam. Pesawat itu tetap di kota tersebut selama beberapa jam sebelum kembali ke wilayah Palestina yang di jajah Israel.

Pompeo bepergian dengan beberapa reporter Amerika dalam perjalanan internasionalnya tetapi meninggalkan mereka di Bandara Neom ketika dia pergi ke kunjungannya dengan putra mahkota.

Belakangan, Pompeo men-tweet bahwa dia melakukan kunjungan konstruktif ke Neom, sebuah kota di Provinsi Tabuk di barat laut Arab Saudi, meskipun dia tidak menyebut ada pihak Zionis-Israel yang terlibat dalam pertemuan tersebut.

“Amerika Serikat dan Arab Saudi telah menempuh perjalanan jauh sejak Presiden Franklin Delano Roosevelt dan Raja Abdulaziz al-Saud pertama kali meletakkan dasar bagi hubungan kami 75 tahun lalu,” kata Pompeo.(sdo)