Cerita Menegangkan Kapten Sanjoto saat Memburu DN Aidit di Semarang

Namun bangunan rumah yang bertembok bertahun-tahun sejak ditempati masih tampak sering bocor saat hujan datang. Beberapa bagian atap juga sudah ambrol dan temboknya retak.

Kini, rumah yang ia tempati mulai dilakukan renovasi. Saat SINDOnews mengunjungi lokasi rumah di Jalan Belimbing Raya No 34 Peterongan,Senin (28/9/2020) tampak aktivitas sejumlah pekerja melakukan pembongkaran beberapa bagian bangunan yang memang sudah tak layak.

Ya, pembongkaran ternyata baru dilakukan pada Senin (21/9/2020) oleh pihak REI Komisariat Semarang & Solo bersama Denpom IV/5 Semarang. Dan ditargetkan selesai pada 10 November 2020 bertepatan dengan momentum Hari Pahlawan.

Sebelum direnovasi, Sanjoto sempat dikunjungi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat gowes ke daerah Peterongan Semarang Selatan. Saat bertandang ke rumah mantan pengawal dan pengaman rute gerilya Panglima Besar Jenderal Sudirman saat di Wonogiri 1948, Ganjar merasa prihatin menyaksikan rumah Sanjoto yang sudah tak layak huni.

Ganjar yang datang bersama Dandenpom IV/5 Semarang Mayor CPM Okto Femula, mengutarakan ingin merehab rumahnya yang rusak parah. Gubernur menunjuk Dandenpom IV/5 Semarang untuk mengatur proses rehab atau bedah rumah dan akhirnya menggandeng REI Komisariat Semarang dan Solo untuk menangani.

“Kami langsung bertindak cepat dengan menggandeng REI Semarang dan Solo. Kebetulan mereka adalah mitra kami yang selalu memberi support untuk rehab rumah veteran maupun asrama prajurit. Dibantu dengan CSR mereka lah kita akan bisa mewujudkan harapan Pak Sanjoto tinggal di rumah yang layak,” ucap Mayor CPM Octo Femula.[]