Gubernur Sulteng Pingsan Usai Ritual di Titik Nol IKN, Tokoh NU: Kalah dengan Cuaca

eramuslim.com – Cuaca terik menyertai proses ritual Nusantara Satu di ibu kota negara (IKN) Nusantara, Kaltim yang dipimpin Presiden Jokowi, Senin (14/3/2022).

Bahkan, salah satu gubernur pingsan usai acara itu. Dia adalah Gubernur Sulawesi Tengah, Rusdy Mastura. Pingsannya salah satu kepala daerah itu lantas ditanggapi tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Umar Hasibuan atau Gus Umar.

“Kalah dengan cuaca,” tulis Gus Umar sambil menyertakan meme orang tersenyum lebar di akun Twitter-nya, Senin (14/3/2022).

Kepala Biro Admistrasi Pimpinan Setdaprov Kaltim Syafranuddin mengatakan Rusdy dikabarkan kelelahan akibat kondisi cuaca yang begitu panas di lokasi.

“Iya pingsan, faktor kelelahan karena di sini cuacanya panas,” katanya, Senin (14/3/2022).

Syafranuddin mengatakan, Gubernur Rudy langsung dibawa ke tenda untuk mendapatkan perawatan medis. Dia menyebut kondisi Rudy perlahan membaik.

“Tadi langsung dibopong ke tenda, sudah mendapatkan perawatan. Alhamdulillah kondisinya sudah membaik,” terang pria yang akrab di sapa Ivan.

Ivan menyebut kondisi cuaca saat ritual di titik nol IKN memang begitu panas. Kondisi lahan yang minim tempat berteduh membuat tamu undangan yang ikut serta dalam kegiatan mengaku kelelahan. [Fajar]