Jejak Islamophobia Rektor ITK Budi Santosa mulai terbongkar, ternyata anggota GAR ITB

Kelompok ini, kata Syahganda, menganut prinsip yang berseberangan dengan nilai dan esoteris Islam sehingga menampakkan sikap yang cenderung Islamphobia. Bahkan, di lain sisi, mereka juga dinilai rasis dalam menyikapi perbedaan di kalangan umat Islam.

Tak hanya itu, kelompok mereka juga pernah dikabarkan melaporkan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin pada 2021 lalu.

Syahganda menjelaskan, saat itu GAR ITB melapor ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) atas tuduhan bahwa Din Syamsuddin telah bersikap konfrontatif dengan lembaga negara berikut kebijakannya.

“Budi tercatat dalam kelompok Gerakan Anti Radikalisme (GAR) ITB, sebuah kelompok bersemangat rasis dan Islamophobia, yang memfitnah Din Syamsuddin beberapa waktu lalu,” kata Syahganda dalam keterangannya seperti dikutip Hops.ID Kamis, 5 Maret 2022.

Syahganda lantas mengecam istilah ‘manusia gurun’ yang disebutkan Budi dalam tulisan panjangnya di Facebook. Ia menegaskan ujaran ujaran itu jelas-jelas merendahkan kedudukan umat Islam, khususnya perempuan muslim.

“Budi Santosa, menghina perempuan di akun medsosnya. Dia juga menghina Islam. Menurutnya perempuan berjilbab merupakan perempuan gurun yang tidak mempunyai value (nilai-nilai) yang universal,” ujar Syahganda.