Media Komunis Beijing Tuding Indonesia Main Trik di Laut Natuna

“Hak dan kepentingan China di perairan terkait di Laut China Selatan sudah jelas,” katanya.

Tapi Pulau Natuna berjarak sekitar 1700 km di selatan provinsi paling selatan China, Pulau Hainan.

Dan keseluruhan Laut China Selatan yang disengketakan – bersama dengan Malaysia, Filipina, dan Vietnam – berada di antara keduanya.

Pemerintah Indonesia mengatakan klaim teritorial China bersifat sepihak dan tanpa dasar hukum.

Pengadilan Arbitrase Permanen pada tahun 2016 menemukan bahwa, berdasarkan Hukum Laut PBB (UNCLOS), klaim “sembilan garis putus-putus” China tidak valid dan tanpa dasar sejarah.

Beijing menegaskan keputusan itu sendiri secara ilegal.

China tuding Indonesia main trik

Kantor berita yang dikendalikan Partai Komunis China The Global Times menuduh Indonesia telah “melakukan trik-trik kecil di Laut China Selatan”.

Jakarta dan Beijing saling menatap selama beberapa bulan selama periode Natal, tahun baru lalu.

Kapal penangkap ikan Tiongkok, di bawah arahan kapal penjaga pantai, berulang kali memasuki wilayah Vietnam dan Indonesia di Laut Natuna bagian utara.

Jakarta menanggapi dengan mengirimkan delapan kapal patroli, mengacak jet tempur F-16 dan mengatur armada penangkap ikannya sendiri untuk membantu pengawasan.

Pada bulan Mei, Jakarta mengirimkan catatan resmi pengaduan kepada Sekretaris Jenderal PBB yang menyatakan bahwa Beijing tidak menghormati keputusan pengadilan tersebut.

Namun China, penandatangan perjanjian UNCLOS, bersikeras bahwa hukum laut tidak berlaku – dan bahwa keputusan pengadilan itu “ilegal”.

The Global Times selanjutnya mengeluh: “Proposal bahwa sengketa laut harus diselesaikan sesuai dengan UNCLOS sebenarnya tidak masuk akal.”

Kementerian Luar Negeri China mengatakan tidak mengklaim Pulau Natuna itu sendiri. Sebaliknya, ia mengklaim tempat penangkapan ikan yang kaya di utara dan timurnya.

Tapi itu menolak untuk menentukan koordinat pasti dari batas sewenang-wenang ini.