Pandemi Corona, Heboh Coretan ‘Sudah Krisis Saatnya Membakar’ di Tangerang

Eramuslim.com – Warga Tangerang digegerkan dengan aksi vandalisme yang menyebar pesan provokatif di tengah pandemi virus Corona (COVID-19). Beberapa dinding di Kecamatan Tangerang Kota dicoret dengan tulisan ‘Sudah Krisis Saatnya Membakar’.

Pada beberapa foto yang beredar, terdapat enam titik tulisan bernada provokatif di jalan Kiasnawi, Pasar Anyar, Kelurahan Sukarasa, Kecamatan Tangerang Kota, Tangerang.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Edy Sumardi mengatakan polisi sudah menangkap 3 pelaku vandalisme tersebut, mereka bernama Rizky, Aflah, dan Rio.

“Sudah kita tangkap,” kata Edy saat dikonfirmasi, Jumat (10/4/2020).

Edy menjelaskan pelaku ditangkap di sebuah cafe di Tangerang saat tengah merencanakan aksi, mereka sudah mencetak 3 pola tulisan; “sudah krisis saatnya membakar”, “mati konyol, apa mati melawan” dan “kill the rich” di kertas dan membeli cat semprot.

Mereka melakukan aksi vandalisme di dinding kanan ruko Ria Busana, dinding kiri Toko Seiko Selular, belakang Ruko Telaga Jaya, tiang listrik di depan Toko Selular, dinding Toko Sinar Terang, dinding Toko Batik Solo.

Penyidik kepolisian masih mendalami motif ketiga pelaku menyebarkan aksi vandalisme tersebut.

Polisi baru mengamankan beberapa barang bukti seperti foto dinding TKP, cat Semprot merk Diton, 1 unit motor pelaku, dan rekaman CCTV.

Atas perbuatannya, ketiga pelaku dijerat Pasal 160 KUHP UU RI nomor 1 Tahun 1946 tentang tindak pidana berita bohong yang menghasut untuk melakukan tindak pidana.[end]