Panji Gumilang Beberkan Sumber Dana Ponpes Al Zaytun: Dari Negara Puluhan Miliar

eramuslim.com – Panji Gumilang, Pimpinan Ponpes Al Zaytun Indramayu, membeberkan dari mana sumber dana untuk operasional pondok pesantrennya.

Hal terkait sumber dana Ponpes Al Zaytun tersebut diungkap Panji Gumilang lewat videonya yang tayang di kanal YouTube Al-Zaytun Official.

Dalam tayangan video itu, Panji membeberkan bahwa salah satu sumber dana tersebut itu berasal dari bantuan negara. Oleh karena itu, ia mengucapkan terima kasih kepada negara yang telah membantu Al Zaytun menyelenggarakan pendidikan.

“Terima kasih saya ucapkan kepada Negara Republik Indonesia telah membantu Al Zaytun untuk menyelenggarakan pendidikan,” kata Panji Gumilang seperti dilihat dari video unggahan YouTube Al Zaytun, Selasa, 20 Juni 2023.

Panji mengungkapkan, besaran dana bantuan dari negara yang ikut mendukung jumlahnya cukup besar, yakni 36 persen lebih kebutuhan anggaran tahunan Ponpes Al Zaytun.

“Semua ini jumlah yang kita dapatkan dari negara itu jumlahnya 36,6 persen dari anggaran setahun. Luar biasa besar, sehingga kita agak longgar untuk mencari kekurangan yang 63,4 persen,” jelasnya.

Dana yang bersumber dari negara itu, kata Panji, diberikan kepada Ponpes Al Zaytun melalui berbagai macam skema bantuan.

Adapun salah satu skema bantuan dana dari negara yang ia maksud tersebut, yakni skema dana BOS atau Bantuan Operasional Sekolah.

“Kita mendapat bantuan negara. Negara memberi bantuan kepada kita melalui skema macam-macam. Kalau dihitung dalam tahun ini bantuan totalnya Rp43 miliar,” ungkapnya.

Mengutip suara.com jaringan terkini.id, Panji Gumilang dalam tayangan video itu juga merinci sebaran dana bantuan dari negara yang sudah diterima oleh Ponpes Al Zaytun.

“Itu dalam bentuk BOS PAUD, Rp31 juta lebih, MI Rp628 juta lebih, MTS Rp1,1 miliar lebih, dan MA Rp1,42 miliar lebih,” ujarnya.

 

(Sumber: Terkini)

Beri Komentar