Rizal Ramli De Javu, Khawatir Jokowi Nyungsep Dirayu Sri Mulyani

Eramuslim.com – De javu, seakan pernah terjadi dan atau dialami. Itulah yang sedang dirasakan ekonom senior DR. Rizal Ramli demi menyaksikan kebijakan pemerintahan Presiden Joko Widodo terkait utang luar negeri yang dimotori Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kegemaran Sri Mulyani menumpuk utang dinilai semakin menjadi-jadi. Belakangan, Sri Mulyani menerbitkan Surat Utang Negara (SUN) untuk menutupi shortfall penerimaan pajak tahun lalu sebesar Rp 128,9 triliun.

Dari target sebesar Rp 1.198,82 triliun, realisasi penerimaan pajak tahun lalu hanya sebesar Rp 1.069,9 triliun atau 89,25 persen.

ā€œIni (kebijakan utang) bisa membuat Mas Jokowi bakal nyungsep ke bawah, ditarik ke bawah oleh SPG IMF, Menkeu Terbalik,ā€ ujar Rizal Ramli pada redaksi Kantor Berita Politik RMOL beberapa saat lalu (Sabtu malam, 1/5).

Adalah Sri Mulyani yang dimaksud Rizal RamliĀ  sebagai Sales Promotion Girl (SPG) dari International Monetary Fund (IMF).

Sementara ā€œMenteri Terbalikā€ adalah sebutan yang belakangan diberikan kelompok ekonom kerakyatan untuk Sri Mulyani yang dinilai lebih mengedepankan kepentingan lembaga dan/atau negara pemberi utang.