Sulitnya Jadi Menteri Kesehatan, Dahlan Iskan: Pilihannya Mundur atau Bertahan!

Eramuslim.com

Oleh Dahlan Iskan

Masih seputar Pandemi Covid-19 dan proses penanganannya di Indonesia, catatan Dahlan Iskan pagi ini kembali mengkritisi pemerintah.

Khususnya terkait aksi Presiden Jokowi yang melakukan sidak di sebuah Apotek dan langsung menghubungi Menteri Kesehatan. Berikut isi lengkap catatan Dahlan yang dimuat Disway.id, membahas tentang Menteri Kesehatan.

Betapa sulitnya menjadi menteri kesehatan di masa sekarang ini.

Lebih sulit lagi karena di tiga kali perubahan sistem penanganan pandemi, sang menteri tidak menjadi pemegang komando tertinggi.

Jumlah penduduk yang terjangkit Covid mencapai rekor baru –bahkan di tingkat dunia. Jumlah yang meninggal belum pernah setinggi Jumat lalu.

Obat sulit didapat. Harga obat naik ratusan persen. Oksigen dikeluhkan di mana-mana. Rumah sakit kewalahan.

Dokter dan nakes banyak berkurang –karena meninggal, sakit, dan isoman.

Masih pula dipermalukan di depan publik. Dan yang mempermalukan atasannya sendiri: Presiden Republik Indonesia.

Anda semua sudah tahu: Bapak Presiden ke sebuah apotek kecil di Bogor. Dalam keadaan normal pun belum tentu punya stok vitamin D3 5.000 iu.

Bapak Presiden menemukan kenyataan: banyak obat yang sangat diperlukan tidak ada di apotek itu. Termasuk vitamin D3 5.000 iu tersebut.

Sang presiden lantas menelepon Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Wajah sang menteri, yang lagi menerima telepon, ada di layar dekat presiden.

Presiden tidak marah-marah. Tidak menegur. Tidak mengeluarkan kalimat bernada tinggi. Presiden hanya memberitahukan apa yang dilakukan di apotek barusan.

Tidak ada juga petunjuk dari presiden harus bagaimana dan harus melakukan apa. Pun, presiden tidak memberikan target: apa yang harus dilakukan dan kapan harus diselesaikan.

Presiden hanya memberitahukan apa yang beliau lakukan dan beliau lihat.

Tanpa ”diberi tahu” presiden pun, Budi Sadikin sudah tahu. Semua jenis media mempersoalkannya sejak sebulan sebelumnya.