Pengawas Sekolah Inggris Akan Tanya Setiap Siswi Berhijab: “Dipaksa atau Tidak”

Eramuslim – Barat kembali menunjukan sikap rasialnya terhadap umat Islam. Kali ini, petugas penilik sekolah dikabarkan akan menanyai setiap pelajar Muslimah berhijab yang menempuh pendidikan di sekolah-sekolah dasar di Inggris, apakah mereka dipaksa menggunakan kerudung oleh orang tua atau pihak sekolah?

Dalam keterangan kepala penilik sekolah Amanda Spielman pada hari Minggu (19/11) kemarin mengatakan bahwa alasan-alasan mengapa siswi Muslimah ini mengenakan hijab akan dicatat dalam laporan sekolah, seperti dilansir The Times.

Hasil sebuah studi yang dirilis The Times bulan September lalu menyatakan sedikitnya 18 persen dari 800 sekolah dasar, yang telah disurvei di 11 daerah di seluruh Inggris, memperbolehkan hijab sebagai bagian dari seragam sekolah.

Sekolah dapat dianggap melanggar hukum kesetaraan, jika para siswi diharuskan mengenakan pakaian relijius sedangkan para siwa dibebaskan mengenakan pakaian apa saja yang mereka inginkan, tegas Spielman.

Spielman menjelaskan bahwa kebijakan ini dipicu oleh seruan kelompok sekuler yang meminta agar diberlakukan larangan kerudung di sekolah-sekolah dasar. Para aktivis mengatakan kepada dirinya bahwa meningkatnya penampakan hijab dari anak-anak perempuan seusia 4 tahun bisa jadi sebagai tandatanda konservatisme Islam telah menyusup masuk ke dalam masyarakat Inggris.