5 Ramadhan in History

al-Mu’izz Li-Dinillah dari dinasti Fatimiyah Memasuki Mesir

5 Ramadhan tahun 362 Hijriyah atau bertepatan dengan 9 Juni 972 Masehi menjadi hari bersejarah bagi umat Islam setelah jatuhnya kota Kairo dibawah kekuasaan dinasti Fatimiyah yang beraliran Syiah, sekaligus menjadi cikal bakal berdirinya Universitas Al Azhar yang terkenal hingga saat ini.

Setelah berhasil merebut kota Fustat dari kekuasaan Bani Abbasiyyah pada tahun 358 Hijriyah atau bertepatan dengan Juli 969 Masehi yang dipimpin oleh Jawhar Assiqli. Dinasti Fatimiyah yang sebelumnya berpusat di Tunisia mulai mendirikan kota baru yang dikenal saat ini sebagai Kairo untuk dijadikan pusat pemerintahan.

Dan 5 Ramadhan 362 H menjadi hari pertama Khalifah al-Mu’izz Li-Dinillah memasuki kota Kairo setelah 3 tahun pembangunannya. Dan menjadikan kota Kairo sebagai pusat Dinasti Fatimiyah yang beraliran Syiah ke Mesir.

Di masa inilah cikal bakal Al Azhar didirikan, sebelum akhirnya berhasil direbut kembali oleh umat Sunni dan membersihkan pengaruh Syiah dari Al Azhar dan Mesir pada umumnya. (Almasryalyoum/Ram)