Washington Post: Dukungan AS Di Timur Tengah Sebabkan Lahirnya Kelompok Ekstrimis

Mitra AS di mesirEramuslim – Surat kabar Washington Post menyebut dukungan Barat terhadap sikap represif rezim penguasa di Timur Tengah berpengaruh besar untuk mendorong kelompok-kelompok oposisi pemerintah melakukan tindakan kekerasan.

Dalam terbitannya hari Minggu (29/03) kemarin, seorang kolumnis surat kabar Fareed Zakaria mengatakan, “Kita dapat melihatnya hari ini. Amerika tidak belajar dari sejarah, dan mereka tampaknya mengulanginya kembali dengan mendukung pemerintahan kudeta Abdel Fattah Sisi, yang digambarkan sebagai lebih represif dibandingkan Mubarak.”

Fareed Zakaria melanjutkan, “Presiden AS George W. Bush memahami bahaya dukungan buta terhadap para diktator Arab yang bersedia untuk damai dengan Israel. Akan tetapi George W. Bush mengatakan bahwa dukungan kita terhadap sikap represif penguasa Timur Tengah justru tidak memberikan kita rasa aman.”

Kolumnis asal AS ini menjelaskan bahwa AS salah dengan ikut mereka yang menjadi oposisi pemerintahan di Timur Tengah.

Mereka yang melawan adalah kaum terzholimi yang dtindas oleh para penguasa tiran, dan dukungan Gedung Putih kepada para penguasa menjadikan pihak yang ditindas ini ikut memusuhi AS. (Rassd/Ram)