Biaya Naik Haji di AS Lebih Murah dari Indonesia

Eramuslim – Rupanya pemberangkatan calon jemaah haji dari Amerika Serikat (AS) dinilai lebih mudah dan biayanya lebih murah dibandingkan jemaah haji Indonesia. Dua pendiri biro perjalanan haji dan umrah di Amerika mengaku prihatin atas kenyataan itu dan mengatakan seharusnya situasinya terbalik.

Lebih mudah dan lebih murah. Dua itulah yang dirasakan jemaah haji asal Indonesia ketika menunaikan ibadah haji dari Amerika.

Lebih mudah karena calon jemaah tidak perlu menunggu lama untuk berangkat ke tanah suci, seringkali hanya beberapa pekan sebelum jadwal keberangkatan. Jadi, begitu berniat, tahun itu juga bisa berangkat.

“Sangat jauh lebih gampang,” ujar Shamsi Ali, yang sejak tahun lalu membentuk divisi perjalanan haji dan umrah dalam Nusantara Foundation USA di New York, dan tahun ini pertama kali mulai memberangkatkan jemaah. Ketiadaan birokrasi, menurut Shamsi Ali, membuat proses perjalanan haji sangat mudah.

“Memang kita tidak punya kuota. Jadi masing-masing travel agent punya hak untuk merekrut,” terang Shamsi Ali.

Pendiri Ar Rahman Hajj & Umrah di Redmond, Washington, Mohamad Joban mengatakan, siapa saja yang berencana naik haji, bisa mendaftarkan diri ke Kedubes Arab Saudi untuk mendapat visa. Mereka bisa langsung berangkat.

Kini, jemaah harus dikoordinir imam dan biro perjalanan yang akan membimbing dan memastikan semua sesuai peraturan. “Pengurusannya singkat, kemudian semua orang bisa mendaftar mendadak selama masih ada seat-nya. Pengurusan di sana (Arab Saudi) simpel karena waktunya singkat,” papar Joban.