Arab Saudi Berubah, Mulai Buka Toko Miras Khusus Diplomat

Larangan minuman keras

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman sangat gencar mendorong sejumlah reformasi sosial di kerajaan sebagai bagian dari Visi 2030 Saudi yang sangat digembar-gemborkan.

Dia membatalkan larangan mengemudi bagi perempuan pada tahun 2018 dan mengizinkan konser publik dan menjamurnya bioskop, bahkan ketika dia memberlakukan tindakan keras terhadap para kritik liberal dan konservatif di dalam kerajaan dan membungkam perbedaan pendapat.

Namun, terlepas dari rumor yang beredar, ada banyak penolakan dari masyarakat terhadap saran untuk membatalkan larangan alkohol yang telah berlaku selama 72 tahun.

Larangan alkohol pada tahun 1952 itu muncul sebagai tanggapan atas sebuah insiden yang melibatkan Pangeran Mishari bin Abdulaziz Al Saud dan seorang diplomat Inggris, Cyril Ousman.

Dalam sebuah pesta yang diselenggarakan oleh sang diplomat, yang saat itu menjabat sebagai wakil konsul Inggris di Jeddah, pangeran berusia 19 tahun tersebut menembak mati Ousman setelah ia menolak untuk menyajikan lebih banyak alkohol.

Setelah pembunuhan tersebut – yang membuat Pangeran Mishari dijatuhi hukuman penjara seumur hidup – Raja Abdulaziz Ibn Saud, pendiri negara Saudi modern, melarang semua alkohol di negara tersebut.

Orang-orang yang dihukum karena mengonsumsi alkohol di Arab Saudi sebelumnya dapat dihukum dengan denda, hukuman penjara, hukuman cambuk di depan umum, dan deportasi bagi orang asing. (sumber: Hidayatullah)

Beri Komentar