Sepertiga Korban Tewas Satu Bulan Serangan Udara Rusia Adalah Warga Sipil Suriah

jaringan obsevatorium suriahEramuslim – Lembaga Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia menyatakan sebanyak 600 orang tewas dan ribuan lainnya terluka sepanjang satu bulan serangan udara yang dilancarkan militer Rusia sejak awal bulan Oktober kemarin.

Dari informasi yang didapat lembaga pemantau HAM independen asal London menyatakan bahwa korban warga sipil yang tewas akibat serangan udara Rusia selama 1 bulan mencapai 185 orang, dan sisanya sebanyak 410 orang dari kalangan mujahidin Suriah.

Sementara itu dalam konteks terkait, Asosiasi Kesehatan independen Suriah menyatakan sebanyak 12 rumah sakit dan pusat kesehatan menjadi sasaran pesawat udara Rusia sepanjang 30 hari kemarin.

Puluhan orang dilaporkan tewas dan 72 lainnya terluka, termasuk petugas medis, dalam serangan terbaru pesawat Rusia yang menargetkan rumah sakit di provinsi Aleppo, Bear, dan Hama, dalam 1 pekan kemarin.

30 September 2015 pemerintah Rusia mengumkan secara resmi intervensi militer ke Suriah, sebagai bentuk dukungan terhadap rezim Syiah Bashar Al Assad. (Rassd/Ram)