Turki Serukan Persatuan Dunia Islam

“Kenyataan bahwa dunia mengalami sejumlah besar orang terlantar secara paksa sejak Perang Dunia kedua, menunjukkan bahwa kita harus bekerja lebih keras bersama,” katanya.

Dia menegaskan bahwa masyarakat dari negara anggota OKI harus memperkuat hubungan dan kepercayaan satu sama lain agar tidak ada keburukan atau niat jahat, yang dapat merenggangkan kerjasama antar negara Islam itu.

“Buat baris lurus, berdiri bahu-membahu dan tutup celah, jangan tinggalkan ruang untuk setan,” katanya mengutip salah satu hadis Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Lebih lanjut, dia mengatakan perang di berbagai negara memang pelik dan mengharapkan krisis tersebut diselesaikan oleh pihak lain bukanlah harapan realistis.

Yavuz meyakini negara Islam harus bekerja keras untuk menyatukan suara dan objektif, karena hal itu dapat menjadi kunci untuk mempermudah penyelesaian konflik dan fokus pada potensi.

“Sangatlah menyedihkan melihat masyarakat Islam tampak hancur karena kemiskinan, terorisme dan perang. Namun, seperti yang kita semua ketahui, cahaya naik dari timur,” tutur dia. (rol)