Dr.Yusuf al-Qaradawi Serukan Dialog Nasional Atasi Konflik Sunni – Syiah Di Irak

Dr.Yusuf al-QaradawiDr.Yusuf al-Qaradawi menyerukan dialog nasional para pemimpin Irak sebagai jalan keluar satu-satunya atas konflik sekterian yang kini melanda. Selain itu ulama kenamaan asal Mesir ini juga memperingatkan dampak eskalasi konflik yang dapat melanda negara sekitar dalam konferensi pers di ibukota Qatar, Doha, hari Senin (23/06) kemarin.

Dr.Qaradawi menambahkan “tidak diragukan lagi bahwa dalam beberapa tahun kaum Sunni Irak menghadapi penindasan yang lebih besar di bawah kepemimpinan Syiah Irak.”

Selain itu Qaradawi juga menuntut media untuk tidak menyebut konflik yang kini terjadi di Irak sebagai konflik sekterian antara Sunni dan Syiah, “karena masyarakat Sunni dan Syiah menjadi bagian dari Irak.”

Sebelumnya organisasi International Union of Muslim Scholars yang berbasis di Doha menyatakan dukungannya kepada milisi bersenjata Sunni Irak dan mengecam kelompok teroris yang mengatas namakan Sunni Irak.

Organisasi International Union of Muslim Scholars menyebut jumlah kelompok teroris yang mendompleng milisi Sunni tidak melebih 10%, mereka ada untuk merusak perjuangan milisi Sunni Irak. (Aljazeera/Ram)