Semakin Liberal, Arab Saudi Investasikan $ 64 Miliar Untuk Bisnis Hiburan

Eramuslim – Kerajaan Arab Saudi akan menginvestasikan $ 64 miliar di sektor hiburan selama dekade berikutnya. Seorang pejabat pemerintah menjelaskan bahwa ini dilakukan sebagai bagian dari rencana untuk menarik wisatawan dan investor ke negara kaya minyak tersebut.

“Kami akan menginvestasikan 240 miliar riyal [Saudi] selama lebih dari 10 tahun,” ujar Ahmed al-Khateeb, kepala the General Entertainment Authority, seraya menambahkan bahwa jumlahnya akan berasal dari pemerintah dan investor, lansir Aljazera, Kamis (22/02).

Kerajaan saat ini sudah memulai pembangunan gedung opera yang pertama, terang Ahmed al-Khateeb.

Pada 2017, otoritas tersebut menyelenggarakan lebih dari 2.000 acara di seluruh kerajaan, yang dihadiri oleh 8 juta orang, al-Khateeb menambahkan.

Tahun ini, pihak berwenang merencanakan sekitar 5.500 acara hiburan di 48 kota di Arab Saudi.

Rencana tersebut merupakan bagian dari strategi reformasi ambisius, Vision 2030, yang diluncurkan oleh Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman, yang bertujuan membuka negara pada investasi Barat dan diversifikasi ekonomi bergantung pada minyaknya.

al-Khateeb menjelaskan bahwa film bioskop dijadwalkan akan dibuka di Arab Saudi pada bulan Maret mendatang, setelah 35 tahun dilarang di negara ini.

Dulu, orang Saudi biasa pergi ke tetangga Teluk untuk menyaksikan pertunjukan live atau bioskop.